Cerebral Aneurysma

Apakah anerurisma otak itu?
Aneurisma otak adalah suatu kelainan pembuluh darah arteri otak, dimana terdapat kelemahan pada lapisan pembuluh darah arteri, sehingga membentuk suatu tonjolan atau benjolan menyerupai balon. Benjolan arteri ini mempunyai lapisan yang lebih tipis dibandingkan dengan pembuluh darah normal, sehingga suatu saat dapat pecah secara tiba-tiba.

Siapa saja yang dapat menderita aneurysma?
Pada umumnya menyerang orang dewasa decade dua keatas. Persentasenya mencapai 5% dari seluruh orang dewasa. Dengan perbandingan antara Aneurisma yang pecah (rupture) dan aneurisma yang tidak pecah adalah 5:3.

Apa penyebab aneurisma?
Penyebab  utama aneurisma masih menjadi kontroversi. Akan tetapi bila dibandingkan dengan pembuluh darah normal, pada aneurisma ditemukan suatu kelainan pada lapisan pembuluh darah terdiri dari tiga lapisan, yaitu lapisan tunika intima, media dan adventitia. Pada aneurisma terdapat penipisan tunika media dan tunika intima menjadi lebih elastis hal ini mengakibatkan kelemahan pada pembuluh darah di daerah aneurisma sehingga pembuluh darah membentuk tonjolan akibat tekanan pembuluh darah. Diperkirakan penyebab aneurisma adalah adanya kelainan bawaan, hipertensi, emboli, infeksi, dan trauma.

Bagaiama gejala aneurisma?
Gejala pada aneurisma yang belum pecah atau masih utuh (unruptur aneurysm) sangat jarang ditemukan. Oleh sebab itu aneurisma sulit ditemukan papa pasien dengan aneurisma yang masih utuh, kecuali ditemukan secara insidental pada saat dilakukan pemeriksaan radiology untuk penyakit lain atau saat medical check up. Gejala yang dirasakan lebih sering diakibatkan karena pecahnya aneurisma, berupa sakit kepala hebat yang datang secara tiba-tiba, kejang, kekakuan pada leher hingga penurunan kesadaran. Tetapi beberapa gejala dapat menjadi peringatan (warning sign) adanya aneurisma, yaitu: kelumpuhan sebelah anggota gerak kaki dan tangan, gangguan penglihatan, kelopak mata tidak bisa membuka secara tiba-tiba, nyeri pada daerah wajah, nyeri kepala sebelah ataupun gejala menyerupai gejala stroke.

Bagaimana mengetahui atau mendiagnosis aneurisma?
Aneurisma dapat didiagnosa dengan pasti dengan menggunakan angiografi, yaitu pemeriksaan pembuluh darah menggunakan kateter/selang yang dimasukan ke pembuluh darah dan diberi zat warna (kontras). Dapat juga ditemukan dengan menggunakan CT Scan atau MRI. Yang terbaik adalah dengan angiografi.

Bagaimana penanganan aneurisma?
dengan intervensi pembedahan dan teknik intervensi radiology, bergantung pada ukuran, bentuk dan lokasi aneurisma otak. Pembedahan menggunakan teknik clipping, dengan menggunakan clip yang menjepit aneurisma didaerah leher aneurisma. Sedangkan teknik intervensi radiology adalah dengan menggunakan kateter dan memasukan balon ataupun coil yang dapat menyumbat aneurisma.

Bagaiman prognosis aneurisma?
Prognosis adalah suatu perkiraan kesembuhan suatu penyakit. Prognosis pada aneurisma bergantung pada jenis aneurisma (rupture atau unruptur), bentuk aneurisma, lokasi, waktu penanganan dan kondisi pasien saat dilakukan pengobatan (usia, gejala klinis, kesadaran dan adanya penyakit lain seperti jantung). Prinsipnya semakin cepat ditemukan aneurisma mempunyai kemungkinan kesembuhan yang baik, oleh karena itu pemeriksaan medis rutin sangat dianjurkan.

dr. Agus Suhendar, SpBS

15 Tanggapan

  1. terimakasih untuk infonya, email saya farma_2@yahoo.com

  2. sangat berguna sekali dan sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas kuliah. terima kasih banyak

  3. penderita short attention term berhubungan dgn aneurysme gak??????

  4. pak,saya ingin tahu,apakah penyakit ini dapat disembuhkan atau tidak? kemungkinan hidup dia bila terkena penyakit ini berapa lama lagi?terimakasih

    • Prognosis pada aneurisma bergantung pada jenis aneurisma (rupture atau unruptur), bentuk aneurisma, lokasi, waktu penanganan dan kondisi pasien saat dilakukan pengobatan (usia, gejala klinis, kesadaran dan adanya penyakit lain seperti jantung). Prinsipnya semakin cepat ditemukan aneurisma mempunyai kemungkinan kesembuhan yang baik, oleh karena itu pemeriksaan medis rutin sangat dianjurkan.

  5. Yg terhormat. Anak sy skrg umur 7 bln, sejak umur 2 bln kejang2. Sdh EEG, CT SCAN dan MRI. Dokter blg ada penyumbatan pd syaraf sblh kiri. Sarannya hanya 1 yaitu bedah. Sejak 2 bln yl stlh disarankan bedah, sy tdk pernah datang lg ke dokter manapun krn takut. Bahkan vaksinasipun br BCG dan Hep. Yg ingin sy ketahui adalah apakah jln utk kesembuhannya hanya melalui bedah? Knp dokter tdk memberikan obat meski sekedar utk mengurangi kejangnya?. Kemudian apakah vaksinasi berhubungan lgsg dgn penyumbatan itu?. Apakah bayi sy bisa sembuh?

    • Saya menyarankan ibu untuk membawa bayi ibu ke dokter anak, kalau ibu trauma dengan dokter yang sebelumnya mungkin ibu bisa mencari dokter anak yang lain sebagai second opinion. Selagi masih dini, bayi anda memerlukan penanganan yang intensif, penanganan lebih dini bisa mencegah kecacatan lebih lanjut, karena kalau dibiarkan bayi anda akan mengalami gangguan otak yang serius akibat kejang-kejang yang dikenal sebagai Cerebral Palsy yang akibatnya menimbulkan kecacatan fisik ataupun mental. Kesembuhan bayi tergantung rehabilitasi yang diberikan. Cepat bawa ke dokter anak ya bu !!!

  6. Pak, sebelumnya terima kasih atas artikel ini..
    Jika ada beberapa ciri yang sesuai, apakah dapat dikatagorikan dalam penyakit ini??
    Atao ada penyakit lain yang sebenarnya mirip namun lebih ringan atau berat??
    Terima kasih pak..

    • Pasien dengan kondisi cerebral aneurysma ciri-ciri utamanya yaitu adanya kelainan pada pembuluh darah di otak, adanya percabangan atau tonjolan yang tidak normal di otak yang menyebabkan terjadinya pecah pembuluh darah ataupun penyumbatan. Pasien dengan cerebral aneurysma memerlukan perhatian khusus, karena sering terjadi serangan stroke berulang pada pasien cerebral aneurysma. Tindakan yang sering dilakukan oleh dokter yaitu klipping atau penjepitan pada tonjolan-tonjolan pembuluh darah yang abnormal, untuk mencegah terjadinya pecah pembuluh darah, pada umumnya tonjolan-tonjolan pembuluh darah itu tipis.

  7. PASIEN STROKE SAAT INI SERING KALI DIJUMPAI, makasih artikelnya ya mas, tapi saya juga ingin sharing artikel, untuk diagnosa stroke…silahkan dikunjungi makasih…

  8. Yang terhormat. Ibu saya 64 th baru menjalani MRI dan hasilnya : sangat mencurigakan adanya rupture aneurysma cerebral. Levelnya menurut dokter ;”sedang”.Disarankan: DSA cerebral.
    Kondisinya saat ini kaki tangan masih dapat digerakkan. Memang sebelum terkena stroke ini, kedua kaki sudah sakit karena pekapuran. Daya ingat sedikit menurun.
    menurut anda, apakah DSA cerebral tsb memang harus dilakukan? Bagaimana penyembuhannya? Apakah bisa sembuh total? Berapa lama? Apakah bisa kambuh lagi?
    pada saat peaknya, tensi darah: 200/100, gula darah: 300.
    Mohon sharingnya. Terima kasih

    • Dokter menganjurkan untuk dilakukan DSA cerebral guna untuk melihat secara lebih jelas dan rinci mengenai bentuk anatomi dari pembuluh darah ekstra dan intrakranial beserta anastomosis dan kolateralnya, sehingga dapat mendeteksi ketidaknormalan yang ada, seperti adanya stenosis, oklusi, aneurisma, vasospasme, AVM, ataupun fistula sehingga para neurolog bisa merencanakan strategi terapi selanjutnya.

      Untuk hasil penyembuhan yang lebih baik, sebaiknya anda mengikuti anjuran dokter, setelah dilakukan C-DSA akan diketahui seberapa berat problem aneurysma yang terjadi, dan dokter akan bisa menentukan tindakan medis selanjutnya.

      Penanganan aneurisma biasanya dengan intervensi pembedahan dan teknik intervensi radiology, bergantung pada ukuran, bentuk dan lokasi aneurisma otak. Pembedahan menggunakan teknik clipping, dengan menggunakan clip yang menjepit aneurisma didaerah leher aneurisma. Sedangkan teknik intervensi radiology adalah dengan menggunakan kateter dan memasukan balon ataupun coil yang dapat menyumbat aneurisma.

      Prognosis adalah suatu perkiraan kesembuhan suatu penyakit. Prognosis pada aneurisma bergantung pada jenis aneurisma (rupture atau unruptur), bentuk aneurisma, lokasi, waktu penanganan dan kondisi pasien saat dilakukan pengobatan (usia, gejala klinis, kesadaran dan adanya penyakit lain seperti jantung). Prinsipnya semakin cepat ditemukan aneurisma mempunyai kemungkinan kesembuhan yang baik, oleh karena itu pemeriksaan medis rutin sangat dianjurkan.

      Terimakasih,semoga bermanfaat

  9. Bisa dijelaskan lbh detil ttg penurunan kesadaran dan gangguan penglihatan dan lemah anggota bdn sebelah?
    Saya curiga dgn kondisi sy.tetapi badan sy sdh normal stlh di akupuntur..umr saya 20thn

    • Penurunan kesadaran, gangguan penglihatan dan kelemahan pada sebelah anggota gerak badan bisa disebabkan karena kurangnya pasokan oksigen di dalam otak yang bisa menyebabkan serangan stroke. Melihat kondisi anda, mungkin anda terkena stroke ringan atau TIA(Transient Ischemic Attack). Perlu diwaspadai bahwa stroke bisa terjadi berulang. Jadi lebih baik kita harus mengetahui faktor2 resiko pemicu terjadinya serangan stroke(misal aneurysma, hiperkholesterol, hipertensi dll), sehingga kita bisa mencegah terjadinya serangan stroke berikutnya. Terimakasih. Semoga bermanfaat.

  10. Dok, saya mau konsultasi tentang ruptur aneurisma syaraf otak
    mama saya sedang terkena ujian ini
    Email saya:
    Ranappohan.rp@gmail.com
    Tolong bantuannya ya dok
    terima kasih banyak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: